Gempa 5 magnitudo di Pacitan

March 12, 2020




Gempa bumi berlangsung di Pacitan, Jawa Timur, Kamis( 12/ 3/ 2020). Gempa dengan kekuatan magnitudo 5 itu terjalin pada jam 15. 03 Wib.

Bagi laporan Tubuh Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika( BMKG), pusat gempa terletak di kedalaman 15 km. Sebaliknya titik gempa dikenal terletak pada 8. 99 LS, 110. 60 BT maupun 106 km Barat Energi Pacitan, Jawa Timur.

" Gempa dialami di daerah Cilacap, Klaten, Wonosari, Yogyakarta," ucap Kepala Pusat Gempabumi serta Tsunami BMKG Rahmat Triyono kepada wartawan, Kamis( 12/ 3/ 2020).

Belum ada laporan terpaut akibat gempa bumi yang terjalin di Pacitan itu.

Ini yang harus dicoba saat sebelum, sesaat, dan sehabis gempa bumi.

Saat sebelum:

- Yakinkan jika struktur dan letak rumah Kamu bisa selamat dari bahaya yang disebabkan oleh gempa, semacam longsor maupun likuefaksi. Penilaian dan renovasi ulang struktur bangunan Kamu biar bebas dari bahaya gempabumi.

- Kenali zona tempat Kalian bekerja: perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat. Tahu pula di mana tempat sangat nyaman buat berlindung.

- Belajar melaksanakan P3K dan peralatan pemadam kebakaran.

- Catat no telepon berarti yang dapat dihubungi pada dikala terjalin gempabumi.

- Atur perabotan biar melekat kuat pada bilik buat menjauhi jatuh, roboh, beralih pada dikala terjalin gempabumi.

- Atur barang yang berat sedapat bisa jadi terletak pada bagian dasar. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada dikala gempabumi terjadi

- Simpan bahan yang gampang dibakar pada tempat yang tidak mudah rusak biar bebas dari kebakaran.

- Tetap mematikan air, gas dan listrik apabila tidak lagi digunakan.

- Siapkan peralatan yang mesti terdapat di masing- masing tempat: Kotak P3K, senter/ lampu baterai, radio, santapan suplemen dan air.

Dikala Terjalin Gempabumi:

- Apabila Kamu terletak dalam bangunan: proteksi badan dan kepala Kamu dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di dasar meja, cari tempat yang sangat nyaman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dicoba.

- Apabila terletak di luar bangunan maupun zona terbuka: Menghindar dari bangunan yang terdapat di dekat Kamu semacam gedung, tiang listrik, tumbuhan. Perhatikan tempat Kamu berpijak, hindari apabila terjalin rekahan tanah.

- Apabila Kamu tengah mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil jauhi apabila terjalin perpindahan maupun kebakaran.

- Apabila Kamu tinggal maupun terletak di pesisir laut: jauhi tepi laut buat menghindari bahaya tsunami.

- Apabila Kamu tinggal di daerah pegunungan: apabila terjalin gempabumi hindari daerah yang dapat jadi terjalin longsoran.

Sehabis Terjalin Gempabumi:

- Apabila Kamu terletak di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan mengenakan tangga berjalan maupun lift, gunakan tangga biasa; cek apa ada yang terluka, jalani P3K; telepon maupun mintalah pertolongan apabila terjalin luka parah pada Kamu maupun dekat Kamu.

- Cek zona dekat Kalian: apabila terjalin kebakaran, apabila terjalin kebocoran gas, apabila terjalin ikatan arus pendek listrik. Cek aliran dan pipa air, cek apabila ada hal- perihal yang membahayakan.

- Jangan merambah bangunan yang sudah terserang gempa, sebab bisa jadi masih terdapat reruntuhan.

- Jangan berjalan di daerah dekat gempa, mungkin terjalin bahaya susulan masih terdapat.

- Dengarkan data menimpa gempabumi dari radio( apabila terjalin gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu maupun berita yang tidak jelas sumbernya.

- Mengisi angket yang diberikan oleh lembaga terpaut buat mengenali seberapa besar kehancuran yang terjalin.

- Jangan panik dan jangan kurang ingat senantiasa berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita seluruhnya.
sumber :
https://www.liputan6.com/news/read/4200244/pacitan-digoyang-gempa-magnitudo-5

Artikel Terkait

Previous
Next Post »